Profil Sekolah

SMK Muhammadiyah Sampang

Di era dunia yang semakin mengglobal, mutakhir, dan penuh kompetisi dewasa ini, institusi pendidikan di hadapkan pada tantangan dunia baru yang lebih komplek. Tantangan tersebut telah meniscayakan institusi pendidikan agar terus menerus berinovasi dan berimprovisasi dalam mengembangkan kualitas pendidikannya. Tidak hanya berorientasi pada penguatan aspek akademik semata, tetapi juga penguatan pada aspek mental , moral ( ahlakul karimah ), kecakapan hidup ( life skill ) dan karakter ( charakter building ) peserta didik.

Keharusan pada penguatan  dalam berbagai aspek kecakapan peserta didik di atas dioreintasikan agar output dan outcome  semakin memiliki daya juang dan daya saing yang qualified dalam menghadapi tantangan kehidupan yang melingkupinya. Semangat inilah yang di ungkapkan oleh institusi pendidikan dan menjadi inspirasi untuk terus berkembang  dan melaju cepat. Muhammadiyah sebagai institusi pelopor pendidikan di Indonesia telah mempunyai pengalaman yang matang dalam menyelenggarakan pendidikannya. Dengan instrumen pendidikan yang komprehensip, kombinasi kurikulum ( Pemerintah dan Muhammadiyah ) , penguatan kerangka mental  dan moral ( akhlaq ), serta pengukuhan karakter dan kecakapan hidup peserta didik, institusi pendidikan Muhammadiyah semakin confidence dan mantap akan mampu mencetak lulusan yang di harapkan.

SMK Muhammadiyah Sampang Cilacap, sebagai sekolah vokasi dan merupakan bagian dari institusi pendidikan  Muhammadiyah telah menunjukan kiprah dan kontribusinya bagi seluruh stake holder pendidikan yang telah memberi amanah.

SMK Muhammadiyah Sampang Cilacap ( MUSACI )dengan mengedepankan pendidikan akhlaq yang didukung oleh kemampuan teknologi bagi seluruh siswa dan  Civitas Akademika , telah diamanati untuk menyelenggarakan pendidikan dengan 5 ( lima ) jurusan yaitu Teknik Kendaraan Ringan ( TKR ), Teknik Pemesinan, Teknik Sepeda Motor ( TSM , Honda Class Program ) , Teknik Komputer Jaringan ( TKJ, Axioo Clas Program ) serta Akuntansi.  SMK Muhammadiyah  Sampang Cilacap  sebagai salah satu sekolah berbasis industri , dikandung maksud agar alumnus bisa mengaplikasikan imunya di perusahaan-perusahaan ternama yang menjadi cita cita alumni. Dengan semakin kompetitifnya daya saing perkembangan SMK yang begitu cepat, SMK Muhammadiyah selalu mengikuti perkembangan dengan menerapkan Sistem Manageman Mutu  dengan menggandeng Lembaga Penjamin Mutu Sekolah yaitu Internasional Quality Sistem ( IQS ). Kepercayaan masyarakat kepada SMK Muhammadiyah Sampang Cilacap terbukti dengan diberi amanah peserta didik sebanyak 862 siswa oleh wali murid Cilacap hingga lintas kabupaten yaitu Kabupaten Banyumas dan Kebumen. Ini membuktikan bahwa keberadaan SMK Muhammadiyah Sampang Cilacap sudah menjadi tujuan utama dan bukan lagi menjadi sekolah alternatif( pilihan kedua ). Sekolah dengan Moto “ Islami Berkualitas Unggul “ ( IBU ) menjadi kawah Chandradimuka dalam menggodok calon generasi dankader-kader berkualitas yang siap bersaing dalam dunia kerja di berbagai perusahaan.

Dengan semakin bertambahnya perserta didik  setiap tahunnya serta tuntutan pendidikan , SMK MUSACI terus berbenah diri terutama pembangunan fisik dan peningkatan peralatan praktikum peserta didik.